Gaya Hidup

Tak Hanya Susu, 7 Makanan ini Juga Kaya Kalsium 

Kamis, 21 Januari 2021 - 07:42
Tak Hanya Susu, 7 Makanan ini Juga Kaya Kalsium  Makanan yang mengandung kalsium. (foto: montclairbreastcenter.com)

TIMES PALOPO, JAKARTAKalsium merupakan zat yang berfungsi menjaga kepadatan tulang dan gigi. Rutin mengonsumsi kalsium terbukti dapat menjegah osteoporosis. 

Selain itu kalsium juga dapat meningkatkan fungsi otot dan membantu tubuh untuk mengatur sinyal saraf, pembekuan darah dan otot jantung. 

Sayangnya tak semua orang suka minum susu. Padahal susu dikenal sebagai sumber kalsium yang baik. 

Susu memang sumber kalsium, namun bukan satu-satunya. Sebab ada beberapa makanan yang juga merupakan sumber kalsium. Apa sajakah itu?

1. Tahu

Tahu dengan tekstur yang padat merupakan sumber kalsum nabati. Makanan ini mengandung kalsium yang lebih banyak dibanding dengan susu. Jika segelas susu sapi memiliki 276-352 mg kalsium, maka secangkir tahu mengandung 861 mg kalsium.

2.  Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau ua juga mengandung kalsium yang tinggi loh. Contohnya bayam, pokcoy, dan kale. 2 cangkir kale mengandung 188 mg kalsium atau dua cangkir lobak hijau yang mengandung 394 mg kalsium.

3. Oatmeal

Setengah cangkir oat tawar kering memiliki 200 mg kalsium. Anda dapat menambahkan susu almon untuk ekstra 300-400 mg kalsium agar mendapatkan kalsium yang lebih banyak. 

4. Kacang Arab

Kacang Arab atau chickpea juga kaya kalsium. Dalam satu setengah cangkir chickpea mengandung 315 mg kalsium, 30 gram serat, dan 10 gram protein

5. Keju ricotta

Dari keluarga keju-kejuan, keju ricotta adalah jenis keju yang paling kaya kalsium. Tiga perempat cangkir, terkandung 380 mg kalsium dan 21 gram protein. 

6. Ikan sarden 

3 ons ikan sarden mengandung 370 mg kalsium. Selain itu, ikan ini adalah sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D.

7. Ikan Salmon

Satu porsi salmon segar dengan berat 6 ons mengandung 340 mg kalsium. Sumber lemak omega-3, salmon membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah peradangan. Tak hanya itu, di dalamnya ada vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palopo just now

Welcome to TIMES Palopo

TIMES Palopo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.