Pendidikan

SNMPTM 2021 Resmi Dibuka Sore, Ini 7 Langkahnya

Senin, 15 Februari 2021 - 11:50
Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Sore ini, Berikut Tata Caranya ILUSTRASI - SNMPTN. (FOTO: Kemendikbud RI)

TIMES PALOPO, JAKARTA – Hari ini 15 Februari 2021, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 dibuka. Para siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bisa mulai pendaftaran sejak pukul 15.00 WIB.

Proses seleksi masuk PT ini akan dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seperti yang dilansir dari laman resmi LTMPT, proses seleksi ini akan berakhir pada 24 Februari nanti, dan kuota minimum yang harus terisi adalah 20% dari daya tampung.

Sebagai syarat agar bisa mengikuti seleksi, adalah siswa yang telah memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan secara permanen paling lambat 23 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Selain itu siswa yang dapat mendaftar juga harus memenuhi syarat atau eligible menurut pemeringkatan sekolah. Pendaftar wajib memiliki nilai yang lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Bila tidak sesuai, nantinya akan muncul pesan "Mohon maaf, anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021".

Berikut tata cara pendaftaran SNMPTN 2021.

  1. Login di portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT. Masukkan alamat email dan password yang sebelumnya telah teregistrasi.
  2. Mengisk "Kelengkapan Data Orang Tua" yang berisi "Penghasilan Orang Tua" dan "Jumlah Tanggungan Orang Tua"
  3. Mengisi pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN. Disarankan untuk tidak memilih lintas minat.
  4. Sebagai catatan, apabila memilih dua Prodi, maka salah satu Prodi di PT harus sesuai dengan provinsi asal sekolah
  5. Mengisi lama PORTOFOLIO, dalam laman ini terdapat dua pilihan, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio maka harus diisi. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen potofolio, maka tidak perlu diisikan.
  6. Mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Meski tidak wajib, namun apabila memiliki prestasi silakan isikan sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan kolomnya. Hal ini akan memberikan nilai lebih.
  7. Pastikan semua isian telah disimpan dan telah muncul pesan "Berhasil menyimpan kelengkapan data" pada tiap-tiap halaman isian kemudian lakukan penyelesaian pengisian pada halaman FINALISASI. Setelah finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apapun.
  8. Langkah terakhir adalah nduh dan cetak kartu registrasi Pendaftaram SNMPTN 2021. Kartu ini bisa dicetak jika sudah melakukan proses finalisasi.

Hasil seleksi ini akan dapat dilihat mulai tanggal 23 Maret 2021 nanti. (*)

Pewarta :
Editor : Hendra Novianto xxx
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palopo just now

Welcome to TIMES Palopo

TIMES Palopo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.